How to be a student in BIFA

hey guys ketemu lagi sama gua DikaRaditya yang sering dianggap RadityaDika. skrg di post ini gua mau ngebahas tentang pengalaman sendiri bagai mana perjuangan gua supaya bisa masuk BIFA (Bali International Flight Academy). moga moga aja bermanfaat ya. tapi disini gua cuma ngebahas test-test untuk masuk ke BIFA aja ya karena gua juga salah satu siswa BIFA batch 9. dan maap maap aja kalo ada yang salah. namanya juga manusia biasa hahaha. let’s get it started!

Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan di kantor PT. Bali Widya Dirgantara, Graha Niaga Lt. 25 Jl. Jend. Sudirman Kav. 58 Jakarta 12190 (bayar Rp 250.000)

Bawa perlengkapan documents

1. Copy KTP calon siswa dan orang tua
2. Curriculum Vitae calon siswa
3. Copy Kartu Keluarga
4. Copy Akte Kelahiran
5. Copy ijazah dari SD-akhir (yang menunjukkan nilai)
6. Surat Ijin orang tua ditandatangani di atas materai Rp.6000 yang menyatakan bersedia mengikuti pendidikan dan peraturan yang ada di BIFA
7. Surat Keterangan Catatan Kepolisian
8. Pas foto 3×4 (4 lembar), 4×6 (2 lembar), latar belakang merah

Medex a.k.a Medical Examination

(bayar ± Rp 740.000)

Di Balai Kesehatan Penerbangan Kemayoran

  1. Cek Lab (darah/urine) : kolestrol, asam urat, trigliserida, dll.
  2. General health (denyut nadi, riwayat penyakit, BMI, tekanan darah dll)
  3. Mata (rabun jauh / dekat, silinder, buta warna)
  4. Pendengaran / audiometri
  5. Gigi (jangan berlobang, behel/kawat diperbolehkan)
  6. Rontgen paru-paru
  7. EKG

Di Lakespra

  1. EEG (akan diberi surat pengantar utk dilakukan di Lakespra Saryanto, Jl. MT Haryono Jakarta. Tes-nya menggunakan probe yang ditempel di kepala, sekitar 30 menit. Siap-siap saja cuci rambut setiba di rumah, karena rambut jadi berminyak. Kalau ada dokternya, hasil tes bisa diambil siang hari itu juga.)

E-Profiling test

( di Laboratorium Psikologi TNI AU Kompleks Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur) bayar Rp 1.000.000

Tes nya terbagi 2 sesi, mulai jam 8. Sesi pertama itu psikotes di lantai 1. Lalu sesi kedua itu semua tes nya di lakukan di komputer menggunakan touchscreen, lokasi di lantai 2. Jam setengah 12 break, lalu jam 1 masuk lagi. jam 3an selesai.

Udah di jelasin sebelum2 nya, tapi ane copas lagi aja. Tes2 nya itu meliputi,
Sesi 1 :

1. Psycho Test 100 Soal, lalu kita di suruh Gambar orang (bebas), dilakukan di ruangan di lantai 1.

Sesi 2 :

2. Test kepribadian
3. Test Running memory 25 Soal : mendengarkan sejumlah angka via headphone lalu harus kita input dengan urutan terbalik.
4. Test Bahasa Inggris 60 Soal
5. Test Matematik 26 soal (Tanpa bantuan alat hitung apapun)

  • 16 Soal pada layar
  • 10 Soal mendengarkan

6. Test Simbol : PERHATIKAN PERATURAN + WAKTU
Kuncinya PERHATIKAN PERATURAN
7. Test Fisika : logika, katrol, bejana, rangkaian listrik
8. Test instrument visual : test kecepatan dan ketepatan mata
9. Test guling kubus : test konsentrasi
10. Test Aritmatik (21 soal) : Pilihan ganda + isian, rumus phytagoras, contoh soal, study case. Jarak lama tempuh dan waktu
11. Test Pemahaman Teknik
12. Test Monitoring and Instrument Coordination : Simulator + melatih multitasking + listening
Heading, Altitude, Speed.

Nb: Kalau failed, bisa diulang tapi tunggu sekitar 3 bulan / sampai batch selanjutnya akan e-profilling

TOEIC test

(di Plaza Sentral lantai 1 Jl. Jend. Sudirman Kav. 47,  Jakarta Selatan) bayar Rp 500.000

Test bahasa inggris seperti TOEFL, ILETS, dsb. Nilai minimumnya 600 untuk pass dari test ini. test ini terdapat 200 soal. 100 listening section (45 menit) dan 100 reading section (75 menit).

 Nb : Kalau failed, bisa diulang kapanpun tanpa harus menunggu tapi bayar Rp 500.000 / test

NBO – Thomas International

(di Gedung Wisma BNI 46)

Setelah dinyatakan lulus di E-profiling anda akan melanjutkan ke Tahap ini, yaitu tahap dimana tes ini telah di laksanakan oleh Garuda Indonesia, bukan oleh BIFA lagi, tes yang di selenggarakan lembaga Thomas International di dalam Gedung Wisma BNI 46, psikotes ini adalah psikotes yang terlihat gampang namun ternyata standar yang digunakan sangatlah tinggi, jadi anda harus hati-hati dengan tes ini. Hanya sekedar hitung-hitungan biasa, bahkan tes ini hanya berlangsung setengah jam.

Nb :  contoh soal bisa di download di sini >> http://www.mediafire.com/?zyc70q6uur9l0a7

Interview

                By BIFA

(di kantor BIFA)

Ini adalah tes baru yg dibuat oleh BIFA (semenjak batch 9) untuk merekomendasi calon siswa kepada user / Garuda Indonesia. Tidak semua calon siswa dipanggil untuk interview ini, tapi hanya beberapa orang terpilih yang di-interview oleh BIFA. Interview ini diadain di kantor BIFA dan yang mewawancara adalah head master BIFA dan seorang direksi dari BIFA. Pertanyaan yang diajukan beraneka macam. Terkadang  pertanyaannya dikembangkan oleh mereka sesuai dengan apa yang kita jawab. Interview ini juga sangat penting karena ini akan menambah nilai “plus” saat pantuhir nanti.

                  By User / Garuda Indonesia

(di Garuda Sentra Operasi, Cengkareng)

Ini baru test yang menentukan “hidup / mati” kita. Maksudnya, inilah test penentu yang sangat menentukan apakah kita berhasil untuk masuk ke BIFA atau tidak. Karena, Userlah yang berperan sangat besar dalam menentukan siswa yang akan sekolah di BIFA pada saat pantuhir.

Wawancara ini dilaksanakan di kantor Garuda Sentra Operasi. Yang mewawancara ada 3 orang. 2 captain dan 1 orang HRD. Pertanyaan yang diajukan juga berbagai macam dan ga selalu sama dengan yang lain-lainnya. Yang penting, kita harus bias meyakinkan orang yg menginterview kita bahwa kita itu layak untuk masuk BIFA dan bekerja di Garuda Indonesia. Kata kuncinya ya kita harus percaya diri saat diwawancara. Jawab pertanyaannya dengan lugas, berwibawa, jelas, dan jangan lupa tatap matanya karena ini membuktikan bahwa kita adalah orang yg percaya diri. Jawaban salah gak apa apa, karena yang dilihat bukan hanya hasil jawabannya saja, tapi juga dilihat pola pikir kita, cara menjawab kita, pandangan kita bagaimana, walaupun kalau bias ya jangan ada yang salah jawabannya.  Waktu wawancara ini sekitar setengah jam-an.

Contoh pertanyaan (walaupun ga selalu ini yang ditanya) :

•knapa mau jadi pilot
•motivasi jadi pilot
•pengalaman pribadi kita
•rumus kecepatan, jarak dan waktu, itung-itungan matematika dasar
•pengetahuan dasar pesawat
•penyebab pesawat bisa terbang

SPL (Student Pilot License) Test

(di Gedung Graha Niaga Lt. 27 Jl. Jend. Sudirman Kav. 58 Jakarta 12190)  bayar Rp 500.000

setelah dinyatakan lulus oleh BIFA dan resmi menjadi siswa, akan ada SPL test yg dibuat oleh DGCA (Directorate General of Civil Aviation) untuk mendapatkan izin sekolah di sekolah penerbangan. test ini ga terlalu susah. ada 50 soal bahasa inggris yg harus dikerjakan dalam waktu 2 jam (kalau ga salah), tapi (sebenernya) itu bisa diselesaikan dalam waktu 30 menitanlaah. minimum score-nya 70. jadi yaa harus bener minimal 35 lah biar bisa dapet SPLnya ini.

Nb :  kalau tidak mencapai 70, maka harus diulang sekali lagi

Naah selanjutnya udah tinggal nunggu waktu aja sampe dapet jadwal keberangkatan kita ke Bali and it means, RINDAM IS WAITING IN FRONT OF US! (tapi sebelumnya sih juga ada fitting baju, pembagian buku, seragam, dan ID card, sign contract sama BIFA dan GIA/AAI. tapi ga usah dibahas ya)

sekian informasi yang gua dapat bagikan kehalayak ramai di dunia maya ini. kalau ada yang kurang jelas bisa tinggalkan comment dan bertanya-tanya dengan gua. mudah-mudahan bisa gua jawab. dan kalau sempet gua bakal ngepost lagi kalo gue udah di Bali ya.

see you guys on the next post. good luck bagi yang mau ikut test. bye.

sources :

http://ceritaiyashariini.wordpress.com/wanna-be-a-pilot/

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3341282

pengalaman pribadi :P :D

About these ads